BLANTERORIONv101

Begini 5 Manfaat Lari Pagi Secara Rutin Untuk Kulit Wajah

11 Januari 2024
Manfaat lari pagi untuk wajah

Lari pagi untuk kesehatan wajah - Kamu pasti sering dengar kalau kita menggunakan skincare membuat kulit wajah kita menjadi lebih sehat dan glowup. Memang benar kalau menggunakan skincare dapat membuat kulit wajah kita menjadi lebih cantik, sehat, dan bersinar.

Tapi hal yang perlu kamu ingat bahwa skincare tujuannya adalah untuk menutrisi kulit serta membersihkan kulit dari luar.

Kalau kita menggunakan skincare tapi tidak diikuti dengan menerapkan pola hidup yang tidak sehat ya sama saja. Ibaratnya kamu sedang mengeluarkan air dari perahumu ketika sedang berada di atas danau namun lubang pada perahumu tidak kamu tambal terlebih dahulu.

Oleh karena itu kita perlu menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan kulit yang sehat secara maksimal. Misalnya kita bisa mencoba lari atau jogging di pagi hari secara rutin.

Baca juga: Olahraga yang dapat menambah tinggi badan

Minimal seminggu sekali ketika kamu sedang tidak ada kegiatan. Libur dari kantor atau libur sekolah misalnya.

Olahraga lari pagi merupakan salah satu olahraga yang mempunyai banyak manfaat karena saat pagi hari sinar matahari masih mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, serta polusi dari kendaraan masih cenderung lebih sedikit dibanding siang hingga malam hari.

Lalu apa saja sih manfaat dari jogging di pagi hari ini bagi wajah kita? Simak di bawah ini.

Apa manfaat lari pagi untuk kesehatan kulit wajah?

Banyak sekali menfaat lari pagi. Selain untuk menambah stamina dan memperbaiki pernapasan, joging juga sangat bermanfaat untuk kulit kita terutama untuk wajah. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini.

1. Membersihkan pori-pori kulit

Ketika joging maka tubuh akan mengeluarkan keringat tak terkecuali area muka. Keringat yang keluar itu dapat mendorong keluar kotoran dari dalam pori-pori kulit wajah kamu.

Aku sarankan sebelum melakukan joging bersihkan dulu wajahmu dengan air mengalir saja supaya keringat bisa keluar lebih lancar. Tidak tersumbat.

Setelah selesai joging barulah kamu cuci muka kamu dengan sabun wajah (face wash) untuk menghilangkan kotoran serta keringat yang menempel pada wajah. Sekalian saja mandi biar bersih total.

2. Mencegah timbulnya jerawat

Ketika kamu melakukan lari pagi secara rutin maka kotoran dalam kulit kamu akan dikeluarkan secara berkala sehingga tidak tersisa sedikitpun.

Penyebab timbulnya jerawat tidak lain dan tidak bukan adalah karena pori-pori wajah kamu tersumbat oleh sebum atau kotoran, sehingga minyak yang keluar dari wajah menjadi terhalang. Hal tersebut menyebabkan timbulnya tonjolan pada kulit atau yang biasa kita sebut jerawat.

Jerawat bisa juga timbul akibat stress yang menumpuk. Ketika stress maka kulit akan meningkatkan produksi minyak yang membuat jerawat sering bermunculan.

Menurut beberapa ahli bahwa olahraga juga menimbulkan stress, namun stress yang baik. Jadi dengan melakukan joging atau lari pagi dapat mengubah stress buruk menjadi stress yang baik.

Baca juga: Cara ampuh menghilangkan jerawat di jidat

3. Mencerahkan kulit wajah

Lari pagi dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan juga dapat memberikan suplai oksigen yang cukup untuk kulit wajah. Sehingga kulit akan menjadi tampak lebih cerah secara alami.

Selain itu vitamin yang terkandung di dalam matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan kulit. Diyakini bahwa dengan terpapar sinar matahari pagi dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, hingga psoriasis.

4. Membuat lebih awet muda

Awet muda bisa diartikan juga sebagai pencegahan penuaan dini pada kulit. Kulit keriput misalnya. Kulit menjadi keriput dikarenakan produksi kolagen yang berkurang semakin bertambahnya umur.

Ternyata lari pagi dapat meningkatkan produksi kolagen secara alami loh. Lalu apabila dibarengi oleh skincare yang mengandung kolagen maka pencegahan penuaan dini dapat diatasi lebih baik.

5. Mencegah berbagai penyakit kulit

Berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata dapat meringankan gejala penyakit kulit seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, hingga psoriasis. Namun untuk melakukan kegiatan berjemur ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Nah itu tadi beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan kulit wajah. Semoga artikel dari Belajar Sehat dapat menambah wawasan serta manfaat bagi kamu dan kalian semua.

Riyu Pratama
Nama asli saya Riyu Rahmat Pratama. Saya seorang blogger dan back-end web developer.

Komentar