BLANTERORIONv101

Ingin Mempunyai Badan Yang Tinggi? Lakukan Olahraga ini

10 Januari 2024
Olahraga peninggi badan

Olahraga peninggi badan dengan cepat - Mempunyai badan yang ideal merupakan impian semua orang. Badan ideal mencakup badan yang atletis dan juga tinggi.

Badan kamu sudah atletis tapi kurang tinggi? Bisa nih kamu coba olahraga peninggi badan.

Baca juga: Apa itu Bulking? Pengertian, manfaat, dan cara bulking

Memangnya bisa olahraga bikin tinggi badan bertambah? Jawabannya adalah bisa.

Seberapa efektif olahraga dalam meningkatkan tinggi badan?

Menurut survey bahwa 80% tinggi badan orang dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan). Namun para peneliti terus melakukan riset mengenai tinggi badan hingga di dapatlah suatu hasil bahwa ada faktor luar yang mempengaruhi tinggi badan.

Faktor luar tersebut mencakup seperti:

  • Nutrisi yang ibu serap selama masa kehamilan
  • Asupan makanan yang diberikan setelah anak lahir
  • Aktivitas yang mempengaruhi pertumbuhan tulang anak, seperti olahraga.

Yap olahraga, karena dengan olahraga pertumbuhan tulang akan menjadi lebih baik. Terutama saat masa tumbuh kembang hingga masa pubertas.

Salah satu yang paling bagus adalah gerakan streching (peregangan). Gerakan ini dapat merangsang lempeng epifisis atau pertumbuhan tulang belakang yang mana tulang ini berkaitan dengan pertumbuhan tinggi badan.

Anak yang sering olahraga akan menjadi lebih sehat, bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menstimulasi pertumbuhan tulang.

Jenis Olahraga Untuk Peninggi Badan

Berikut ini aku bagikan macam-macam olahraga peninggi badan yang dapat kamu lakukan. Baik dilakukan sebelum tidur, pagi, sore, dan malam hari sebelum tidur.

1. Basket

Basket merupakan olahraga yang banyak mengandalkan lari dan juga melompat. Manfaat lari sangat banyak, begitu pula dengan melompat.

Ketika tubuh lompat maka akan menstimulasi lempeng epifisis. Lempeng epifisis merupakan lempeng yang sangat mempengaruhi pertumbuhan tulang hingga membuat tubuh bertambah tinggi.

2. Berenang

Penelitian yang dimuat dalam Turkish Journal of Sport and Exercise yang melibatkan anak-anak usia 7 hingga 13 tahun menyebutkan bahwa berenang secara rutin selama 16 minggu dapat meningkatkan massa otot dan tinggi anak secara signifikan.

Ketika berenang maka tubuh akan melawan gaya gravitasi secara horizontal, yang membuat dada dan tubuh bagian antas kamu mengalami peregangan. Hal itu sangat bagus untuk pertumbuhan tulang bagian atas kamu.

3. Bersepeda

Kalau berenang merangsang pertumbuhan tulang bagian atas, maka bersepeda merangsang pertumbuhan tulang bagian bawah.

Bersepeda dapat meningkatkan stamina dan juga merangsang pertumbuhan tulang pada bagian lutut. Hal itu terjadi karena lutut mengalami tekanan untuk melakukan aktifitas mengayuh. Sehingga otot paha mengalami pertumbuhan.

4. Yoga

Apabila kamu sedang mencari olahraga peninggi badan di pagi hari ataupun di sore hari, maka yoga ini merupakan pilihan yang tepat.

Beberapa gerakan yoga seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, dan beberapa pose lainnya dipercaya dapat menambah tinggi badan kamu.

Tujuan utama yoga adalah untuk membuat tubuh rilex serta memperbaiki postur tubuh. Namun dalam gerakan yoga sering kali melakukan streching atau peregangan yang dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan.

5. Lompat tali

Seperti yang kita ketahui bahwa melompat berarti melawan gravitasi bumi secara vertikal. Hal itu membuat tubuh kita tertarik ke bawah ketika melompat.

Gaya tarik tersebut membuat tulang-tulang di tubuh kamu meregang dan berkontraksi sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan. Terutama tubuh bagian bawah.

Menurut penelitian dari National Library of Medicine menunjukkan bahwa skipping rope sangat efektif untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Nah itu tadi berbagai olahraga yang bisa berguna untuk menambah tinggi badan kamu. Kamu tertarik melakukan yang mana nih? Sekian artikel dari Belajar Sehat, semoga artikel ini bermanfaat.

Riyu Pratama
Nama asli saya Riyu Rahmat Pratama. Saya seorang blogger dan back-end web developer.

Komentar