BLANTERORIONv101

8 Makanan Untuk Bantu Diet Secara Sehat

7 Januari 2024
Rekomendasi makanan diet

Rekomendasi makanan diet - Sudah menjadi hal yang umum bahwa setiap orang ingin mempunyai bentuk badan yang ideal. Orang kurus ingin menambah berat badan (bulking) dan yang gendut ingin menurutkan berat badan.

Orang gendut sering kali sulit mengatur pola makanan sehingga berat badannya terus menerus bertambah. Sehingga dia mencari berbagai macam cara untuk diet.

Diet sering diartikan dengan mengurangi mengkonsumsi makanan dan minuman. Tujuannya adalah agar lemak yang di dalam tubuh tidak bertambah.

Namun sering kali orang-orang melakukan dengan cara yang tidak sehat seperti full mogok makan hingga olahraga secara ekstrim yang membuat tubuhnya benar-benar kelelahan.

Sebenarnya banyak cara agar bisa diet dengan cara yang sehat. Tetap bisa makan dan minum dengan normal dan olahraga secukupnya.

Tapi itu semua bisa dilakukan apabila kamu mengetahui makanan apa saja yang bagus untuk membantu program diet.

Berikut ini aku bagikan jenis makanan yang sangat bagus untuk membantu program diet kamu. Makanan ini akan mengandung protein, vitamin, lemak sehat, karbohidrat, dan serat.

8 Rekomendasi Makanan Untuk Diet

Salah satu faktor meningkatnya berat badan adalah makanan yang kita konsumsi mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Oleh karena itu aku akan membagikan rekomendasi makanan yang rendah kalori dan lemak.

1. Dada Ayam

Makan daging ayam bukannya malah bikin gemuk ya? Tidak semua bagian daging ayam bisa membuat gemuk. Tidak seperti bagian paha, dada ayam justru mengandung zat besi dan protein yang tinggi.

Kalau bisa dalam mengolah dada ayam tidak dengan cara digoreng, karena akan menghilangkan kandungan baiknya. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dipanggang ataupun direbus.

2.Telur

Makanan yang satu ini pasti sudah menjadi makanan rutin semua orang, dikarenakan harganya yang terbilang murah. Tentunya mudah didapatkan di warung ataupun indomaret sekitar.

Telur mengandung protein, vitamin D, dan kolin. Protein yang dikandung oleh telur sekitar 406 protein.

Protein sendiri sering dimanfaat oleh body builder untuk membangun masa otot. Apabila ingin lebih cepat lagi dietnya, cukup gunakan putih telurnya saja.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Menurut sebagian besar orang bahwa mengkonsumsi daging sapi pasti dapat meningkatkan berat badan. Sangat tidak cocok untuk orang yang ingin diet. Eits tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Sebenarnya ada bagian yang tidak mengandung lemak, yaitu di bagian leher atau has luar. Pada bagian ini mengandung vitamin, zat besi, protein, mineral, vitamin B12, dan Zinc.

Cara menikmati menu daging sapi tanpa lemak ini adalah dengan cara direbus, dikukus, atau bisa juga dipanggang.

4. Kentang

Kita sering kali melakukan diet dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Nyatanya kita hanya perlu mengganti sumber karbohidrat tersebut dengan yang lebih sehat.

Nasi itu mengandung gula yang dimana gula kurang sehat untuk tubuh. Salah satu pengganti yang baik adalah kentang. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah, serta kalori yang terkandungnya juga relatif rendah.

Kentang juga mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin B6, dan vitamin C. Seperti biasa, dianjurkan untuk tidak menggorengnya, lebih baik dikukus atau direbus.

5. Kacang-kacangan

Dari sumber informasi yang saya dapat bahwa kacang bisa digunakan sebagai makanan diet. Memakan kacang dapat membuat kenyang lebih lama sehingga tidak perlu makan sering-sering. Berikut ini jenis kacang yang bisa kamu coba.

  • Kacang kedelai
  • Kacang tanah
  • Kacang merah
  • Kacang almond
  • Pistachio
  • Kacang mete
  • Hazelnut

Tapi harus diingat, jangan terlalu sering memakan kacang karena kalorinya lumayan tinggi.

6. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C, karbohidrat baik, dan serat. Memakan brokoli dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil serta dapat memperlancar pencernaan.

7. Alpukat

Buah alpukat selain cocok untuk menghilangkan jerawat, buah ini juga sangat cocok untuk diet.

Alpukat mengandung banyak lemak sehingga orang sering menyebut alpukat dapat membuat gemuk. Padahal lemak yang terkandung di alpukat bukan merupakan lemak jenuh atau bisa dibilang lemak baik yang baik menurunkan kolestrol.

Sehingga pemula sekalipun dapat menerapkan diet dengan mengkonsumsi buah ini. Bisa dengan jus ataupun dimakan langsung.

8 Gandum

Gandum mengandung karbohidrat baik yang membuat kamu kenyang lebih lama. Cocok dimakan setiap sarapan menggantikan nasi.

Pilihlah gandum yang masih murni dan belum dicampur bahan-bahan lainnya. Hal itu dapat membuat diet kamu menjadi lebih sehat.

Sekian artikel dari Belajar Sehat mengenai 8 rekomendasi makanan untuk diet secara sehat. Cara ini sangat efektif untuk pemula sekalipun yang ingin diet.

Riyu Pratama
Nama asli saya Riyu Rahmat Pratama. Saya seorang blogger dan back-end web developer.

Komentar