BLANTERORIONv101

Mengenal Apa itu Bulking Serta Manfaat dan Caranya

8 Januari 2024
Pengertian, manfaat, dan cara bulking

Pengertian, manfaat, dan cara bulking - Bulking merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan badan yang ideal. Setiap orang pasti ingin memiliki badan yang ideal. Tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

Di artikel sebelumnya aku sudah membagikan rekomendasi makanan untuk diet menurunkan berat badan. Nah di sini saya akan membahas tentang bulking. Baik pengertian, manfaat, dan juga cara melakukannya.

Mari kita mengenal terlebih dahulu tentang bulking. Simak di bawah ini pengertian dari bulking.

Apa itu Bulking?

Dari beberapa sumber yang aku simak, bulking adalah suatu program atau metode untuk menambah berat badan, dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman melebihi kebutuhan kalori tubuh kita setiap harinya.

Hal itu mengakibatkan kenaikan berat badan karena kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang biasa diterima oleh tubuh. Kalori yang berlebih itu berguna untuk pembentukan otot.

Baca juga: 7 manfaat daun singkong untuk kesehatan

Bulking menjadi hal yang tidak bisa dilewati oleh para body builder ketika mereka ingin membangun tubuh yang atletis.

Apabila kita melakukan latihan beban namun tidak melakukan bulking, maka otot tidak bisa berkembang menjadi sangat besar seperti orang-orang yang biasanya nge-gym.

Bisa bertambah kuat, namun ototnya hanya keras dan padat. Otot seperti ini cocok untuk para pekerja yang membutuhkan tenaga setiap saat. Pernah lihat tukang bangunan? Ya seperti mereka ototnya kalau tidak dibarengi dengan melakukan program bulking.

Manfaat Bulking itu Apa?

Seperti yang tadi aku sebutkan bahwa program bulking bermanfaat untuk menambah massa otot tubuh serta kekuatan. Jadi otot bisa dikembangkan lebih mudah ketika melakukan latihan angkat beban.

Cara Melakukan Bulking itu Bagaimana?

Banyak hal yang harus kamu lakukan untuk menjalankan program bulking kamu. Jadi tidak bisa asal makan dan minum sebanyak banyaknya. Apa saja hal yang harus diperhatikan? Simak di bawah ini.

1. Perhatikan Kebutuhan Kalori Harian Tubuh Kamu

Seperti yang telah aku sebutkan di atas, bahwa ketika melakukan bulking berarti kita memberi asupan kalori ke dalam tubuh melebihi kebutuhan kalori harian tubuh kamu.

Menurut sumber yang aku baca bahwa kamu harus menambah 10% sampai 20% dari kebutuhan kalori tubuh kamu. Hal tersebut tidak membuat tubuh kamu obesitas namun cukup cepat untuk menambah berat badan.

2. Pilih Makanan Tinggi Kalori

Mungkin kamu berfikir ketika ingin menambah berat badan bahwa kamu bisa memakan apa saja selama itu banyak. Tidak seperti itu. Semua ada perhitungannya.

Makanan yang perlu kamu konsumsi seharusnya mengandung tinggi kalori sehingga kamu tidak perlu makan terlalu banyak. Namun hasil bulking tercapai dengan maksimal.

Berikut ini saya sertakan daftar makanan tinggi kalori yang baik untuk meningkatkan massa otot dan bulking kamu.

  • Semua jenis daging. Kalau muslim tetap harus makan yang halal ya.
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Minyak sehat. Contohnya minyak zaitun dan juga minyak kanola.
  • Buah-buahan. Contohnya apel, alpukat, pisang, anggur,stroberry, kiwi, nanas, delima, dan jeruk.
  • Sayuran.
  • Biji-bijian seperti oatmeal, sereal, dan quiona.
Kenapa saya menyarankan buah dan sayur? Supaya pencernaan kamu tetap sehat dan tubuh kamu tetap mendapatkan gizi yang seimbang.

Baca juga: Resep daun singkong santan sederhana

Tidak seperti diet, bulking justru dianjurkan memakan dan meminum yang manis-manis dan juga gorengan.

3. Perbanyak Makan Karbohidrat

Perlu kamu ketahui bahwa karbohidrat merupakan penyumbang kalori tertinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi banyak karbohidrat membuat kamu lebih cepat meningkatkan berat badan.

Berikut ini rasio atau perhitungan nutrisi yang disarankan:

  • 45% sampai 60% kalori dari karbohidrat
  • 30% sampai 35% kalori dari protein
  • 15% sampai 30% kalori dari lemak

Banyak sekali makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. Contohnya seperti nasi yang biasa kita makan, jagung, ubi, kentang, dan gandum.

4. Mengkonsumsi Suplemen

Suplemen yang mengandung kreatin dan bubuk protein (protein powder) dapat membantu kamu untuk proses pembentukan otot. Kreatin dapat meningkatkan kekuatan otot kamu lebih lama sehingga kamu bisa berolahraga lebih maksimal.

Menurut alodokter bahwa suplemen yang mengandung kreatin tidak baik untuk penderita gangguan ginjal. Hal itu karena menurut penelitian bahwa mengkonsumsi kreatin yang berlebihan dapat memiliki efek samping bagi penderita gangguan ginjal.

5. Olahraga Secara Rutin

Ini poin yang paling penting untuk kamu lakukan. Jangan sampai dilewatkan. Bulking sendiri bertujuan untuk menambah berat badan.

Kalau berat badan kamu bertambah namun tidak olahraga maka pembentukan otot tidak berkembang sebagaimana seharusnya. Kalori yang berlebih dalam tubuh kamu tidak dapat diubah menjadi otot kalau tidak berolahraga. Malah akan menjadi lemak yang membuat kamu obesitas.

Kamu bisa mendownload aplikasi tutorial membentuk otot di rumah, atau bisa juga dengan mengikuti tutorial dari video para body builder yang bertebaran. Dari tiktok dan youtube misalnya.

Tentunya harus dilakukan secara rutin ya. Jangan baru sehari dua hari langsung berharap badan kamu langsung bagus. Semua butuh proses dan usaha.

Nah sudah tahu kan apa itu bulking, manfaatnya, serta cara melakukannya. Semoga artikel dari Belajar Sehat dapat membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Riyu Pratama
Nama asli saya Riyu Rahmat Pratama. Saya seorang blogger dan back-end web developer.

Komentar