BLANTERORIONv101

Begini 7 Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui

2 Januari 2024
Manfaat daun singkong bagi tubuh

Manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh - Seperti yang kamu ketahui bahwa semua jenis sayuran mengandung banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaat untuk badan hingga manfaat untuk wajah.

Tak terkecuali daun singkong. Daun singkong berasal dari tanaman singkong atau nama ilmiahnya Manihot esculenta.

Daun singkong merupakan tumbuhan yang disukai di berbagai negara. Termasuk Indonesia.

Daun singkong biasanya diolah dengan cara direbus atau juga digoreng untuk dijadikan makanan gurih dan lezat.

Banyak sekali kandungan seperti nutrisi, vitamin, serat, dan mineral yang terkandung di dalam daun singkong ini sehingga kaya akan manfaat bagi tubuh. Mari kita simak apa saja kandungan yang ada di daun singkong ini.

Kandungan Dari Daun Singkong

Sebelumnya saya ingin menyatakan bahwa informasi ini bersumber dari salah satu artikel halodoc, jadi kemungkinan informasi yang saya sampaikan valid sesuai fakta. Berikut ini kandungan yang ada di daun singkong.

  • Kalori 50 kkal
  • Protein 6,2 gram
  • Lemak 1,1 gram
  • Karbohidrat 7,1 gram
  • Serat 2,4 gram
  • Kalsium 166 mg
  • Fosfor 99 mg
  • Besi 1,3 mg
  • Natrium 17 mg
  • Kalium 23,1 mg
  • Zink (seng) 2 mg
  • Beta Karoten 3.204 mikrogram
  • Total Karoten 7.052 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1) 0,04 mg
  • Riboflavin (vitamin B2) 0,1 mg
  • Niasin 1,8 mg
  • Vitamin C 103 mg

Banyak sekali bukan kandungan dari daun singkong ini? karena kandungannya banyak sudah pasti manfaatnya juga banyak. Lalu apa saja manfaat dari daun singkong? Simak di bawah ini.

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

1. Mengatasi Diare

Salah satu kandungan yang ada di daun singkong adalah etanol yang dimana etanol memiliki sifat anti diare. Hal tersebut sudah tercantum di dalam studi dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine yang diteliti menggunakan hewan.

Di dalam penelitian tersebut seekor hewan yang mengalami diare diberikan ekstrak daun singkong yang mengandung etanol. Hasilnya adalah kandungan anti diare daun singkong mampu mengurangi akumulasi cairan usus dan motilitas gastrointestinal.

2. Bagus untuk bumil (Ibu Hamil)

Ibu hamil seringkali mengalami anemia sehingga daun singkong ini sangat cocok untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Hal ini dapat terjadi karena daun singkong mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa mengoptimalkan produksi sel darah merah.

Bumil sangat dianjurkan mencegah terjadinya anemia karena animea ini sangat berbahaya bagi ibu hamil. Apa saja dampak anemia bagi ibu hamil? Keguguran, gangguan janin, hingga kelahiran prematur. Bahaya sekali bukan?

3. Mengingkatkan daya tahan tubuh

Daun singkong mengandung vitamin C dan folat yang sangat tinggi sehingga bisa mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C berperan untuk melawan bakteri dan virus, sedangkan folat berperan untuk meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. 

4. Mengobati Radang Sendi

Apabila di dalam keluarga kamu ada yang sedang mengalami radang sendi, suruh saja dia mengkonsumsi daun singkong. Dengan mengkonsumsi daun singkong dapat mengurangi gejala penyakit ini karena daun singkong mengandung magnesium yang tinggi.

Magnesium merupakan salah satu mineral yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi peradangan.

5. Dapat meningkatkan kekuatan tulang

Magnesium selain mengatasi peradangan pada sendi, magnesium juga bisa meningkatkan kekuatan tulang. Dengan mengkonsumsi daun singkong dapat mengurangi resiko patah tulang karena magnesium dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

6. Mengurangi berat badan

Ada trik khusus supaya daun singkong ini bisa menjadi penyebab berat badan kamu berkurang. Cocok banget nih kalau kamu sedang diet.

Gimana sih cara mengurangi berat badan menggunakan daun singkong?

Kukus daun singkong ini dengan sedikit garam. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan kamu sehingga kamu akan jadi jarang makan dan akhirnya berat badan kamu berkurang. Simpel bukan?

7. Mencegah infeksi bakteri

Infeksi bakteri tentunya dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Cukup mengkonsumsi daun singkong yang sudah dikukus dapat menurunkan resiko infeksi akibat bakteri dan dapat mencegah perkembangan bakteri di dalam pencernaan.

Nah sudah tahu kan daun singkong ternyata banyak sekali manfaatnya. Jadi mulai deh sering sering mengkonsumsi daun singkong. Di bawah ini saya kasih rekomendasi resep daun singkong yang sering orang makan.

Baca juga: Resep Daun Singkong Santan Sederhana

Sekian artikel dari Belajar Sehat tentang manfaat daun singkong bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu.

Riyu Pratama
Nama asli saya Riyu Rahmat Pratama. Saya seorang blogger dan back-end web developer.

Komentar