BLANTERORIONv101

6 Hal Basic Untuk Menghilangkan Jerawat di Jidat

6 Januari 2024
Cara mengatasi jerawat di dahi

Cara mengatasi jerawat di dahi - Jerawat merupakan suatu masalah kulit yang sangat sulit untuk diatasi. Sekali muncul satu jerawat, kemungkinan akan tumbuh jerawat lainnya sangat besar.

Kalau kata pepatah : mati satu tumbuh seribu

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara mengatasi jerawat, mari kita cari tahu pengertian dari jerawat.

Apa itu Jerawat?

Jerawat merupakan suatu benjolan di kulit yang terjadi akibat pori-pori kulit sedang tersumbat, sehingga minyak yang diproduksi oleh kulit tidak dapat keluar dengan baik.

Oleh karena itu kulit menjadi meradang dan muncul benjolan dan terkadang berisikan nanah.

Biasanya jerawat muncul di area tubuh yang memiliki kemampuan produksi minyak yang banyak seperti wajah, leher, dada, dan punggung. Namun tak jarang tumbuh di area tubuh lainnya.

Jerawat di wajah sendiri paling sering terjadi di area T zone yaitu dahi (jidat) dan hidung. Hal itu terjadi karena area T zone merupakan daerah wajah dengan produksi minyak terbanyak.

Di artikel ini saya spesifik memberikan cara atau tips untuk menghilangkan jarawat pada area jidat. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Cara menghilangkan jerawat di jidat

Di jidat sendiri ada 2 jenis jerawat yang biasa muncul yaitu jerawat biasa dan beruntusan. Namun tutorial ini kemungkinan bisa mengatasi kedua hal tersebut, karena penyebabnya sama.

1. Jangan sentuh dahi

Di tangan kita banyak sekali mengandung bakteri, kuman, dan kotoran. Apabila dahi kita disentuh maka otomatis dahi kita akan kotor. Kotoran itu lah yang bisa menyumbat pori-pori, dan diperparah oleh bakteri yang ada di tangan kita. Sehingga timbulah jerawat.

Sebisa mungkin jangan menyentuh dahi kamu. Kalaupun harus menyentuh, usahakan cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun.

2. Pakai facewash sesuai kulit kamu

Apabila dahi kamu gampang berminyak, pakailah facewash yang mengandung oil control. Kalau saya pakai fw kahf yang hijau karena bisa meredakan jerawat dan juga mengontrol minyak.

Kalau dahi kamu tipe kering, pakai fw yang dapat melembabkan. Saran saya pakai fw yang bukan untuk mengatasi jerawat. Karena kandungan yang untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengurangi minyak kulit. 

Kulit sudah kering masa dikurangi lagi minyaknya.

3. Pakai pelembab (Moisturizer)

Nah ini sangat berguna di aku. Ketika kulit kering maka kulit mengirim sinyal ke otak bahwa kulit butuh minyak untuk melembabkan. Minyak tersebut lah yang sering menimbulkan jerawat.

Solusinya adalah dengan menggunakan pelembab, supaya otak tidak mengirim sinyal ke otak bahwa kulitnya kering. Sehingga kulit jadi tidak berminyak.

Pakailah pelembab yang mengandung anti acne supaya jerawat di dahi kamu mengecil.

4. Gunakan tisu ketika muka basah

Habis mandi atau apapun itu ketika muka basah jangan gunakan handuk untuk mengelapnya. Karena handuk sudah pasti kotor terkena kotoran dari badan kita yang lain.

Muka yang jerawatan harus lebih steril dibanding dengan anggota tubuh kita yang lain.

Gunakan tisu sekali pakai untuk mengeringkan wajah kamu. Simpan tisu di tempat yang tidak kotor. Kalau tisunya kotor kan jadi sama aja haha.

5. Jangan tempelkan muka di bantal

Kesalahan yang paling umum dan jarang orang sadari adalah muka ditempelin ke bantal. Bantal kamu itu kotor karena terkena rambut dan debu dari berbagai benda. Oleh karena itu jangan sesekali coba tempelkan wajah kamu ke bantal.

Oh ya rutin lah mengganti sarung bantal agar tidak terlalu kotor. Pasti ada sesekali muka kamu menempel di bantal baik disengaja maupun tidak sengaja. Apabila bantal kamu bersih maka kemungkinan muncul jerawat baru jadi lebih kecil.

6. Kurangi mengkonsumsi gula

Aku sudah coba untuk diet mengkonsumsi gula. Hasilnya kulit jadi tidak terlalu berminyak dan jerawat pun tidak mudah muncul.

Seperti yang kamu ketahui bahwa gula dapat meningkatkan produksi hormon insulin dalam tubuh. Insulin dapat meningkatkan kinerja hormon androgen yang dimana mengatur produksi sebum pada kulit. Jadi apabila kadar gulanya tinggi, maka sebum yang dihasilkan oleh kulit jadi lebih banyak.

Rumusnya gini:

Gula > hormon insulin > hormon androgen > sebum > jerawat

Lengkapnya kamu bisa baca di siloamhospital. Website rumah sakit lebih terpercaya kan haha.

Sudah segitu dulu tips untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat di jidat menurut pengalaman Belajar Sehat. Di artikel lain akan saya berikan tutorial skincare untuk wajah berminyak dan berjerawat agar wajah kamu lebih strong dari debu.

Riyu Pratama
Nama asli saya Riyu Rahmat Pratama. Saya seorang blogger dan back-end web developer.

Komentar