5 Khasiat Cengkeh untuk Tubuh

5 Khasiat Cengkeh untuk Tubuh


Rempah serbaguna yang memiliki aroma khas ini biasa dijadikan bumbu masakan maupun penambah rasa dalam minuman hangat, bahkan biasa pula digunakan sebagai penguat aroma kue. Tak hanya itu, ternyata kandungan nutrisi di dalam cengkeh bermanfaat pula bagi kesehatan tubuh.

Lalu apa sajakah kandungan baik di dalamnya? 

Dalam 1 sendok teh (2 gram) cengkeh mengandung energi sekitar 21 kalori, karbohidrat  1 gram, dan serat 1 gram.  Dalam 1 sendok teh (2 gram) cengkeh juga bisa memenuhi sekitar 30% mangan, 3% vitamin C dan 4% vitamin K berdasarkan ukuran harian yang dibutuhkan tubuh normal. Tak hanya itu cengkeh juga memberikan asupan vitamin E, kalsium, dan magnesium meskipun jumlahnya sedikit.

Manfaat dan khasiat cengkeh untuk tubuh

Ada banyak jenis rempah-rempah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya cengkeh. Namun, tak banyak orang yang tahu manfaat luar biasa dari cengkeh bagi kesehatan. Berikut ini sedikit ulasan mengenai manfaat cengkeh bagi tubuh:

1. Melindungi dari serangan kanker

Rempah yang diperkaya antioksidan eugenol ini mampu melawan serangan radikal bebas di dalam tubuh, hal tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Kandungan vitamin C menjadi antioksidan yang melindungi dari radikal bebas.

Antioksidan cengkeh sekitar 5 kali lebih kuat. Radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh bisa merusak DNA serta menyebabkan serangan penyakit kronis, mulai dari tukak lambung, radang sendi, alzheimer, aterosklerosis, parkinson, penyakit jantung, hipertensi, stroke, kanker dan penuaan dini.

2. Anti bakteri alami

Cengkeh mampu melawan bakteri penyakit karena bersifat antibakteri. Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa minyak cengkeh ampuh menumpas bakteri E.coli penyebab diare dan kram perut.

Selain itu, mampu pula menumpas bakteri yang bersarang di mulut yang menyebabkan penyakit gusi dan plak gigi. Jadikan minyak cengkeh sebagai obat kumur agar hasilnya lebih efektif.

3. Menjaga kesehatan hati

Kandungan eugenol dalam cengkeh bisa membantu menjaga kinerja organ hati dan mencegah peradangan. Dalam sebuah penelitian disampaikan bahwa kandungan eugenol membantu redakan sirosis hati.

4. Meredakan sakit maag

Penyakit maag sering kali disebabkan penipisan dinding lambung karena beragam faktor, diantaranya infeksi dan stres. Minyak cengkeh terbukti mampu mencegah erosi dinding lambung yang diakibatkan asam lambung.

5. Mengendalikan gula dalam darah

Cengkeh ternyata mengandung senyawa baik yakni nigericin yang membantu kendalikan kadar gula dalam darah, menjadikan sekresi insulin lebih tinggi serta meregenerasi sel-sel pankreas penghasil insulin.

5 Khasiat Cengkeh untuk Tubuh 5 Khasiat Cengkeh untuk Tubuh Reviewed by juli andri on August 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.