Kapankah Waktu yang Tepat untuk Berjemur Di Bawah Matahari Agar Tubuh Sehat ?

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Berjemur Di Bawah Matahari Agar Tubuh Sehat

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh tetapi jika jumlahnya terlalu berlebihan juga sangat berbahaya bagi tubuh. Kebanyakan orang menyukai berjemur pada siang hari saat berada di pantai. Biasanya kebanyakan orang melakukan hal tersebut agar memiliki warna kulit yang eksotis serta memperoleh manfaat vitamin D untuk kesehatan tulang. Tetapi tahukah Anda jam berapa yang tepat untuk berjemur di bawah matahari? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Waktu yang Tepat Berjemur

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika berjemur di bawah matahari bisa memberikan manfaat vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Bahkan ternyata berjemur dapat menurunkan risiko kanker kulit. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebaiknya jangan terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet sebab hal tersebut bisa merusak sel-sel tubuh Anda.

Baca Juga :

Sebetulnya terdapat 3 jenis radiasi UV atau ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Tetapi hanya UVA serta UVB yang bisa memberikan pengaruh pada tubuh manusia. Meskipun bisa membantu proses sintesis vitamin D, tetapi paparan radiasi UV yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit serta rasa terbakar pada kulit tubuh.

Dengan demikian, agar Anda memperoleh manfaat berjemur bagi kesehatan sebaiknya perlu memperhatikan jenis pigmentasi kulit serta waktu yang tepat untuk berjemur. Bagi Anda yang memiliki kulit putih sebaiknya jangan terlalu lama berjemur agar kulit tidak terasa seperti terbakar. Sedangkan untuk kulit berwarna gelap bisa lebih lama berjemur asalkan tidak berlebihan. Sebab jika terlalu lama akan menyebabkan dehidrasi.

Sedangkan untuk memilih waktu yang tepat untuk berjemur agar tubuh sehat, disarankan untuk berjemur mulai pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore. Karena waktu ini dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memperoleh manfaat sinar matahari serta mampu menurunkan risiko paparan sinar UV yang berbahaya. Bahkan berdasarkan hasil penelitian para ahli membuktikan bahwa UVA memiliki risiko melanoma lebih tinggi dibandingkan UVB.

Ketika pagi hari biasanya sinar yang dipancarkan hanya mengandung UVA dan sangat sedikit mengandung UVB. Bahkan pada sore hari juga berlaku demikian sehingga sangat disarankan untuk berjemur pada jam 10 pagi sampai 3 sore. Tetapi pastikan durasi berjemur tersebut antara 20-30 menit saja pada pagi dan sore hari agar manfaat berjemur dapat bekerja maksimal pada tubuh Anda.

 Melalui penjelasan di atas Anda bisa memperoleh wawasan mengenai waktu yang tepat untuk berjemur agar tubuh semakin sehat. Selain tubuh yang sehat Anda bisa memperoleh manfaat untuk kecantikan kulit sehingga kulit tetap sehat dan terhindar dari kanker kulit yang berbahaya.

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Berjemur Di Bawah Matahari Agar Tubuh Sehat ? Kapankah Waktu yang Tepat untuk Berjemur Di Bawah Matahari Agar Tubuh Sehat ? Reviewed by juli andri on April 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.