Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Pintar & Sehat

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Bayi Pintar 3


Kehamilan adalah momen paling ditunggu pasangan yang telah menikah. Bagi para ibu, tentu memiliki anak yang cerdas merupakan harapan besar. Ternyata ada banyak cara yang bisa melatih kecerdasan otak bayi sejak ia dalam kandungan. Salah satu cara yang paling dianjurkan adalah mengkonsumsi makanan sehat yang bisa merangsang otak bayi sejak dini. Asupan yang masuk dalam tubuh para ibu harus diperhatikan secara detail agar janin tidak kekurangan sumber nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut ini, beberapa rekomendasi makanan yang bisa melatih kecerdasan otak janin sejak dalam kandungan.

1. Asupan yang mengandung omega 3

Bahan yang mengandung omega 3 sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para ibu hamil. Sebab kandungan omega 3 yang terpenuhi akan membuat sel saraf dan neuron bayi berkembang secara maksimal. Neuron sendiri bekerja mengirim impuls listrik ke jaringan otak dan organ tubuh.

Jangan heran kalau bayi akan terlahir dalam keadaan sehat dan juga memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, yoghurt, daging sapi, olahan seafood dan beberapa jenis sayuran hijau bisa masuk dalam daftar konsumsi anda.

2. Asam folat

Kekurangan asam folat saat sang ibu mengandung bisa memberikan risiko bayi terlahir cacat atau prematur. Selai itu, kandungan asam folat yang cukup akan membuat bayi tumbuh sempurna dan sehat. Asam folat juga bisa meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi asam folat 4 minggu menjelang kehamilan dan 8 minggu pasca hamil bisa menghindarkan bayi dari risiko terkena autis. Anda yang tengah mengandung wajib mengkonsumsi jenis makanan seperti telur, jagung, biji bunga matahari, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, seledri dan beberapa buah rekomendasi misal pisang, pepaya, alpukat dan jenis lainnya.

3. Protein

Telur, daging ayam tanpa lemak, produk susu, ikan, kacang-kacangan, gandum dan udang bisa menjadi varian menu sehat bagi ibu yang tengah hamil. Pasalnya, kandungan protein dalam makanan tersebut mampu meningkatkan kecerdasan janin.

4. Zat besi

Masalah yang sering dialami para ibu hamil adalah kekurangan tensi darah atau anemia. Selain faktor kelelahan, kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa membahayakan kehamilan. Zat besi juga mampu meningkatkan kecerdasan si kecil sejak dalam perut.

Anda wajib memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan agar pertumbuhan janin tidak terganggu.
Rekomendasi jenis panganan yang mengandung zat besi tinggi adalah bayam, kacang-kacangan, kacang hijau, ikan laut, sereal, kentang, tomat, yoghurt dan masih banyak lagi lainnya

5. Asupan antioksidan

Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang bisa berpengaruh buruk pada kesehatan ibu serta bayi yang dikandung. Antioksidan juga mampu memicu kecerdasan bayi lebih baik dibandingkan ibu yang tidak mengkonsumsinya.

Anda bisa memasukkan beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi berikut ini dalam menu harian. Kacang almond, apel, pepaya, alpukat, minyak zaitun, teh hijau, kembang kol, seledri, sereal dan beberapa jenis lainnya bisa anda coba konsumsi secara rutin.


Kecerdasan bayi wajib dirangsang dan diupayakan sejak dini agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Bayi yang lahir sehat dan cerdas tentu bisa membuat hati orangtua bahagia.

Tak hanya faktor makanan saja, anda juga wajib memperhatikan pola hidup sehat seperti mengelola stress berlebihan, menghindari asap rokok dan polusi udara, memiliki waktu istirahat yang cukup dan berolahraga yang rutin.

Beberapa kegiatan positif seperti membaca buku, mengajak janin mengobrol atau mendengarkan musik pun dipercaya ampuh meningkatkan kinerja otak bayi.

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Pintar & Sehat Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Pintar & Sehat Reviewed by juli andri on March 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.