Ketahui dampak terlalu lama mengendarai motor

motor

Ojek online memang sedang ramai di negara kita banyak dari kalian atau keluarga terdekat ikut bergabung mencari sampingan ataupun menjadikan perkerjaan utama. Disamping itu kalian juga harus mengutamakan kesahatan dari segi tubuh.

Jangan sampai kalian memaksakan kehendak mencari nafkah dalam keadaan sakit, dengan begitu kalian bisa terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Jaga selalu kerdaraan kalian agar aman dijalan raya begitu juga tubuh kalian.

Tidak hanya untuk ojek online saja , kalian yang sering mengendarai motor dalam waktu lama juga untuk selalu mementingkan kesehatan.

Efek dari terlalu lama mengendarai motor :

Kebanyakan dari kalian mungkin tidak mengetahui dampak dari terlalu lama mengendarai motor , seperti :

1. Pembekuan darah atau trombosis

Kenapa sampai seperti itu ? Karna posisi tubuh tidak bergerak dalam waktu lama atau sedang mengendari motor dalam jarak jauh dan dalam waktu lama.

Aliran darah akan terhambat dikarnakan posisi paha dan kaki terjepit, parahnya trombosis bisa mengakibatkan kematian. Ada beberapa gejala yang mungkin dialami seperti :
  • Terasa nyeri
  • Kemerahan
  • Kaki bengkak
Bisa kalian hindari dengan beristirahat setiap 1 jam sekali dan lakukan peregangan kaki ,berdiri,senam ringan ataupun berjalan jalan. Karna itu bisa memperlancar kembali darah yang terhambat pada bagian paha dan kaki.

2. Kemandulan

Dengan  panas yang berasal dari knalpot motor lain dan jepitan dalam waktu lama pada organ kemaluan bisa membahayakan pada kemampuan reproduksi sperma pria. Memang dampak nya tidak akan cepat 3 sampai 5 bulan kedepan bisa saja terjadi.

Maka dari kalian para lelaki kurangi insensitas  mengendarai motor jarak panjang atau dalam waktu lama dan bisa kalian cari kendaran alternatif lain. Jika kalian yang bekerja sebagai ojek online banyak banyak lah beristirahat sambil berdiri dan senam ringan.

3. Sakit pinggang

Setiap hari bila kalian terlalu lama mengendarai motor terasa nyeri dipunggung pasti dialami, apa lagi saat menemui jalan berlubang pasti tulang ekor kalian terasa sakit.

Kalian jangan anggap itu hanya sepele sakit sebentar lalu hilang , bila sudah akut efek dari sakit pinggang ini akan sangat sakit karna mengakibatkan akumulasi.

Dengan memijat mungkin akan sedikit hilang tetapi bila kalian dalam keadaan mengendari bisa dengan gerakan busungkan dada dan perut contongkan kedepan, gerakan ini bisa merubah posisi tulang melengkung lurus.

Tapi kalian harus tetap fokus jangan sampai membahayakan kalian saat berkendara , bisa kalain lakukan gerakan tadi selama 40 menit sekali.

4. Saraf terjepit
Kenapa saraf bisa terjepit ? Karna tekanan yang disebabkan dengan gerakan yang dilakukan berulang ulang dalam waktu yang lama. Ada saraf yang paling rapuh didalam tubuh kalian sehingga saat ditempatkan pada jaringan sempit di dibagian tubuh, pelindung jaringan lunak untuk melindungi saraf tersebut hanya sedikit.

Getaran yang dihasilkan dari kendaraan bermotor langsung diterima tubuh dalam jangka waktu yang panjang dapat merobek saraf. Karnanya, sangat diajurkan untuk kalian yang suka berpergian dalam waktu yang lama memakai kendaran bermotor disarankan agar sering berolahraga untuk melatih saraf didalam tubuh.

Tidak hanya olah raga, kalian juga perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein agar otot lebih kuat.

5. Gangguan saluran pernafasan
 
Saat kalian mengendarai motor dengan kerasnya angin mengenai dada adalah pemicu utama munculnya beberapa penyakit. Seperti :
  • Bronitis
Salah satu penyakit yang akan terasa dengan tanda-tanda seperti batuh berdahak (dalam waktu lama) , terasa sangat lelah bila kalian melakukan aktivitas dan sesak napas.

Bila kalian merasa tanda tanda itu sudah ada dalam tubuh kalian bisa segeralah obati dengan jahe. Rebus jahe dalam air mendidih setelah itu bisa kalian minum air hasil rebusan tadi agar bisa segera sembuh.
  • Paru paru basah
Karna saat kalian mengendari apa lagi dimalamhari angin yang kencang akan masuk ke dalam dada berdampak pada kesehatan, terutama pada saluran pernafasan yang berupa paru-paru basah.

Paru paru basah bisa disebabkan karna infeksi virus dan bakteri. Gejalanya yang dialami bisa dari sesak nafas, batuk berdahak, telapak tangan dan tangan berkeringat. Bila kalian sudah mengenal tanda tanda itu bisa segara obati dengan tanaman ciplukan yang direbus hingga mendidih serta meminumnya setiap hari 3 kali.

Tips untuk kalian yang selalu berkendara :

Maka dari itu, kalian harus bersedia untuk selalu memakai jaket tebal guna melindungi tubuh dan masker, agar debu yang dihasilkan dari kendaran tidak masuk ke dalam mulut. jaga selalu mata kalian dengan boor water atau bisa dengan obat tetes mata paling tidak sekali dalam 1 minggu agar mata tetap bersih.

 1. Nyamankan posisi duduk

Posisi duduk yang santai namun tidak membungkuk agar kalian tetap nyaman di saat melakukan berpergian.

2. Gunakan helm sesuai standar dan jaket tebal

Helm menjadi keselamatan utama untuk melindungi kepala dari semua kejadian yang tidak diinginkan agar tetap aman. Gunalam jaket tebal bila kalian pergi dengan jarak yang jauh karna akan memperkecil masuknya angin ke dada kalian dan gunakan juga sepatu saat mengendarai.

3. Usahakan memakai celana yang nyaman
Nyaman untuk orang orang sangat beda karna memiliki selera masing masing , sebaiknya gunakan celana yang tidah terlalu ketat agar tidak menekan otot perut. Bila kalian menggunakan celana yang tidak terlalu ketat memungkinkan leluasa saat melakukan perjalan jauh.

4. Beristirahat dan perbanyak meminum air mineral

Saat kalian berkendara, akan banyak sekali cairan tubuh yang terkuras menjadi keringat. Efek dari kekurangan cairan akan berpotensi berpotensi menyebabkan konsentrasi berkurang dan tenaga.

5. Segarkan tubuh kalian

Disaat mengendari kotaran dan aliran cairan tubuh bercampur melekat ditubuh. Dengan mandi, aliran darah di tubuh kalian akan lancar kembali. Tapi , bila kalian sudah sampai tujuan sehingga bisa leluasa saat membersihkan semua bagia tubuh.

Ketahui dampak terlalu lama mengendarai motor Ketahui dampak terlalu lama mengendarai motor Reviewed by juli andri on October 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.