Kenali Gejala Stroke Ringan pada Wanita dan Pria

Kenali Gejala Stroke Ringan pada Wanita dan Pria (2)

Sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata belum mengenali tentang gejala stroke ringan. Padahal pembiaran terhadap serangan stroke ringan dapat berdampak buruk. Simak artikel berikut!

Stroke ringan mempunyai durasi serangan singkat serta dapat menghilang jangka waktu singkat. Serangan stroke ringan atau mini stroke dalam istilah medis biasa disebut iskemik transien (Transient Ischaemic Attack - TIA). Gejala dan cara mencegah stroke ringan perlu diketahui agar setiap orang dapat mengantisipasinya.

Penyebab serangan stroke ringan ini sama sepert penyakit stroke, yakni aliran darah menuju otak terhalang atau terhambat. Sehingga wajar apabila gejala yang timbul dari stroke ringan dan stroke berat memiliki kemiripan serta bagian tubuh yang diserang pun sama.

Gejala Serangan Stroke Ringan

Stroke ringan atau serangan iskemik transien biasanya mudah diketahui melalui kemampuan bicara, wajah dan tangan. Gejala stroke ringan bisa sebabkan kelemahan otot pada bagian wajah, hingga wajah dan mulut menjadi turun satu sisi dan kesulitan untuk tersenyum.

Orang yang mengalami serangan stroke ringan kebanyakan akan kesulitan mengangkat kedua lengannya. Hal tersebut terjadi dikarenakan lengan terasa lemas bahkan mati rasa.

Orang-orang dengan serangan stroke ringan akan mengalami gangguan pada kemampuan bicara. Penderita stroke ringan akan menjadi cadel atau ucapan mereka sulit dipahami, bahkan sebagian orang yang mengalami stroke ringan tidak mampu berbicara. Gejala yang terjadi pada stroke ringan tidaklah bersifat permanen.

Perbedaan yang mendasar antara serangan stroke ringan dan serangan stroke ialah tingkat keparahan dari sumbatan yang halangi aliran darah menuju otak. Pada serangan stroke ringan, tingkat sumbatan aliran darah tergolong kecil. Sedangkan serangan stroke berat, tingkat sumbatan aliran darah termasuk berat dan butuh waktu cukup lama untuk pengobatan secara medis.

Bahaya yang Muncul karena Stroke Ringan

Berdasarkan data, 4 orang dari 10 orang terkena serangan stroke ringan akan menderita stroke berat. Yang mengkhawatirkan ialah 50% kasus stroke berat terjadi dalam waktu sekitar 48 jam sesudah mengalami stroke ringan.

Meskipun serangan stroke ringan terjadi hanya waktu singkat, namun tetap bisa berujung pada serangan stroke berat yang akan sulit ditangani.

Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, memiliki riwayat penyakit fibrilasi atrium (denyut jantung tak teratur), memiliki berat badan berlebih, memiliki riwayat penyakit diabetes, memiliki kadar kolesterol yang tinggi, para pecandu alkohol dan pecandu rokok wajib waspada terhadap kemungkinan serangan stroke ringan.

Meskipun gejalanya telah mereda, penyakit stroke ini tetaplah menyimpan bahaya yang dapat mematikan apabila diabaikan. Mengingat dampak yang mengintai bisa mematikan, orang-orang yang terserang stroke ringan harus segera mendapat pemeriksaan medis sebagai cara mencegah stroke ringan berubah menjadi stroke berat.

Dokter umumnya akan menyarankan melakukan MRI, EKG, CT scan dan cek darah yang berguna untuk memeriksa peredaran darah manakah yang menyempit.

Cara Mencegah Stroke Ringan

Ternyata lebih dari 68 orang diantara 100 orang tidak mengenali gejala dan cara mencegah stroke ringan. Bahkan menurut survei, sekitar 75 persen orang yang sadar tentang stroke ringan merasa tidak perlu memeriksakan diri ke dokter.

Demi menjaga kesehatan diri, cara mencegah stroke ringan, yakni mulailah menjalani gaya hidup yang sehat untuk meminimalkan risiko serangan stroke ringan hingga berat. Hentikan kebiasaan merokok, batasi makanan berkolesterol, hentikan mengonsumsi alkohol, serta rutinlah berolahraga

Selain itu, cukup mengonsumsi sayuran dan buah setiap hari dan jagalah berat badan sehat. Yang tak kalah penting adalah mengelola stress dengan baik agar terhindar serangan stroke ringan maupun berat.

Kenali Gejala Stroke Ringan pada Wanita dan Pria Kenali Gejala Stroke Ringan pada Wanita dan Pria Reviewed by juli andri on October 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.