Saturday, October 8, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Halitosis adalah istilah medis untuk masalah bau mulut atau bau nafas yang tidak sedap. Masalah ini muncul dengan berbagai sebab oleh karena itu untuk memberikan penaganan yang tepat kita wajib mengetahui asal muasalnya. Kemunculan yang paling sepele bisa berawal dari kurangnya kebersihan mulut serta kondisi gigi yang buruk. Tetapi banyak juga penyakit lain yang menjadikan bau mulut sebagai sinyal berbahayanya.

Penyebab Nafas Dan Bau Mulut Tidak Sedap

belajarsehat.com
penyebab nafas dan bau mulut tidak sedap

1. Kurang Terjaganya Kondisi Kebersihan Gigi


Kurang terjaganya kondisi kebersihan gigi merupakan faktor utama penyebab bau nafas atau mulut yang tidak sedap. Sisa makanan yang  menempel di gigi merupakan lahan makanan untuk bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan bau tidak sedap nafas dan mulut kita muncul. Bakteri ini memunculkan senyawa yang hampir sama dengan senyawa yang terkandung pada telur busuk. Selain menempel pada gigi bakteri ini terkadang juga menempel pada bagian lidah kita.

2. Tubuh Kurang Mendapat Asupan Air Minum


Tubuh sangat membutuhkan air, kekurangan cairan dalam tubuh bisa berakibat berkurangnya produksi air liur. Fungsi utama air liur selain menjaga kelembaban dari mulut kita juga membersihkan bakteri bakteri yang berada dalam mulut. Air liur juga menjaga sel - sel baik yang berada di dalam mulut untuk tetap hidup. Selain itu kandungan antioksidan pada air liur dapat mengubah senyawa sulfur yang disebabkan oleh bakteri pembawa bau mulut tidak sedap.

3. Banyak Memakan Makanan Penyebab dari Bau Mulut


Banyak yang masih belum tahu bahwa terdapat makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Bawang merupakan salah satu makanan penyebab bau nafas atau bau mulut yang tidak sedap. Selain itu produk olahan dari susu juga memberikan pengaruh besar dalam terjadinya bau mulut. Sedangkan memakan makanan berkhabohidrat tinggi secara berlebih sangat tidak baik. imbangi dengan makanan berserat yang cukup serta hindari merokok adalah cara terbaik meminimalisir terjadinya bau mulut.

4. Infeksi Pada Sinus atau Amandel


 Sudah menjadi hal umum jika infeksi selalu di barengi dengan bau tidak sedap. Begitu pula infeksi yang terjadi di mulut. Infeksi yang terjadi di bagian sinus atau amandel dapat menyebabkan bau mulut dan nafas yang tidak enak. Infeksi ini terkadang menyebabkan peradangan pula. cara termudah mengatasi peradangan ini adalah dengan berkumur air hangat yang telah diberi sesendok makan garam. Jika sakit berlanjut hubungi dokter karena ini infeksi yang berbahaya.

5. Kadar Asam Lambung yang Tinggi


Orang yang menderita asam lambung yang tinggi atau maag akan sering bersendawa. Bau yang keluar saat bersendawa inilah yang menyebabkan bau tidak sedap. Bau yang ditimbulkan seperti bau cuka tapi terkadang juga seperti bau petai.

6. Penyakit yang Serius ataupun Parah


Hal ini sangat jarang terjadi tetapi terkadang kangker yang terletak di sekitar mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap yang khas.

Cara Mengatasi Nafas dan Bau Mulut Tidak Sedap

belajarsehat.com
cara mengatasi nafas dan bau mulut tidak sedap

Lalu bagaimana cara mengatasi bila kita terlanjur nafas dan bau mulut kita tidak sedap? Berikut ini adalah cara menghilangkan bau mulut atau nafas yang tidak sedap dengan menggunakan bahan alami:

1. Kayu Manis
Kayu manis yang mempunyai nama lain Cinnamon mengandung kandungan aldehida cinnamic, yakni minyak esensial yang dapat mengurangi jumlah bakteri jahat yang terkandung dalam mulut serta menutupi bau mulut yang ditimbulkannya.

Rebus 1 sendok teh bubuk kayu manis kedalam segelar air. Jika terdapat daun kapulaga silahkan tambahkan juga ke dalam rebusan. Saring air dan gunakan untuk berkumur. Semakin sering kita berkumur semakin cepat pula bau mulut ini hilang.

2. Cengkeh
Cengkeh mempunyai bau yang khas. Dibalik baunya yang menyegarkan terkandung kandungan anti bakteri yang sangat cocok untuk menyingkirkan bau mulut atau nafas yang tidak sedap.

Untuk caranya silahkan kunyah beberapa biji cengkeh hingga hancur selain itu menggunakan biji cengkeh sebagai teh juga merupakan cara lain yang mudah. Tetapi penggunaan teh cengkeh ini tidak untuk diminum hanya sebagai obat kumur dua kali dalam sehari.

3. Jus lemon
Bau segar yang dikeluarkan oleh buah lemon sangat disukai oleh orang - orang. Kandungan dari buah lemon yang terkenal sebagai pemutih alami ternyata juga dapat menghilangkan bau mulut yang tidak enak. Kandungan asam pada lemon telah terbukti mencegah pertumbuhan bakteri yang terdapat dalam mulut. Kandungan bau segar dari lemon ini ternyata dapat menutupi bau mulut yang kurang sedap.

Buatlah jus lemon yang kental dan gunakan untuk berkumur. Silahkan tambahkan sedikit garam untuk mempermudah menghilangkan bakteri yang menempel pada sela sela gigi.

4. Cuka Sari Buah Apel
Kandungan Ph yang seimbang pada cuka sari buah apel sangat baik untuk kesehatan mulut.
Campurkan 1 sendok makan cuka pada satu gelas air lalu minum setiap kali sebelum makan. Cuka terkenal sangat baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan mulut terutama menghilangkan bau mulut. Selain diminum cuka ini juga bisa digunakan untuk obat kumur jika kurang suka meminumnya.

5. Baking Soda
Kandungan pada baking soda dapat membantu menyeimbangkan kadar asam yang menjadi penyebab dari bau mulut.
Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air putih hangat, lalu gunakan campuran ini sebagai obat kumur setiap hari sampai bau menghilang. cara lain penggunaan baking soda yaitu dengan menyikatkannya langsung pada gigi.

6. Menjaga Kelembaban Mulut
Kurangnya air liur dapat menyebabkan kelembaban mulut tidak terjaga. Air liur merupakan antiseptik yang terdapat enzim yang dapat membunuh bakteri. Karena hal ini terkadang bau mulut kita di pagi hari sangat tidak sedap karena air liur yang dihasilkan saat tidur sangat sedikit.

  • Permen karet. Banyak produk penghilang bau mulut yang berasal dari permen karet. Permen karet dapat menjaga kelembaban mulut serta meningkatkan kebersihan gigi. Gunakan permen karet yang asli untuk penghilang bau ya jangan permen karet merk YOSAN haha.
  • Minum air. Kelembaban dapat terjadi karena kandungan air di sekitar lebih banyak. Perbanyak minum air dan sering berkumur sangat baik untuk menjaga kelembaban mulut. Selain itu terkadang mulut kering ditimbulkan oleh kondisi medis maupun obat - obatan. Silahkan konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab mulut kering lebih jauh.
   
7. Gosok Gigi
Membersihkan gigi selalu saja berhubungan dengan sikat gigi. Menyikat gigi secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut. Gosok gigi juga dapat menghilangkan bau mulut maupun nafas yang tidak sedap. Selain itu dengan rajin gosok gigi dapat membuat gigi kita lebih terjaga dan terawat.

8. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Terdapat istilah merokok membunuhmu. Ini memang benar adanya selain rokok menyebabkan bau tidak sedap yang terkenal melekat dan sulit di hilangkan. Rokok merupakan penyumbang penyakit kangker terbesar. Menghentikan kebiasaan merokok sangat menguntungkan untuk kesehatan mulut bahkan untuk kesehatan tubuh dan kesehatan dompet.

9. Hindari Jengkol dan Petai
Kandungan yang terdapat pada jengkol dan petai sangat tidak baik untuk bau nafas dan bau mulut. Makanan ini merupakan makanan yang paling sering menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap. Menghindari makanan ini sebelum pertemuan ataupun acara penting adalah hal yang sangat baik untuk menunjang kepercayaan diri.

10. Banyak mengkonsumsi buah-buahan
Dengan banyak memakan buah buahan yang mengandung vitamin c sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mulut. Kandungan vitamin c dapat mengurai senyawa jahat yang ditimbulkan oleh bakteri dan menjaga kesehatan mulut jika kita memakannya secara teratur.

11. Mengkonsumsi Jus Jeruk atau Nanas
Jika kita menginginkan bau nafas yang segar pada saat pagi hari setelah bangun tidur, Jus jeruk maupun jus nanas merupakan solusinya. Silahkan membuat jus jeruk maupun lemon dengan segelas air hangat di malam hari sebelum tidur. Dapat pula ditambahkan madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa dari jus tersebut lebih nikmat dan menyegarkan.

2 Comment: