Thursday, October 6, 2016

Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Gigi Geraham Pada Anak yang Berlubang

Sakit gigi tergolong sakit yang sering terjadi tetapi juga merupakan indikator berkelanjutan, karena sakit gigi juga bisa merupakan indikasi akan terjadinya penyakit yang berbahaya. Sakit gigi merupakan gejala awal penyakit jantung, angina bahkan stroke.
Oleh karena itu jangan sekali sekali meremehkan penyakit ini. Walaupun dokter gigi sudah banyak tetapi terkadang masalah biaya sangat memberatkan, karena hal ini saya akan berbagi tips cara mengobati gigi berlubang pada anak secara alami.

belajarsehat.com
source: kesehatangigi.blogspot.com
Sebelum kita mengetahui cara mengobati gigi berlubang ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab gigi berlubang tersebut agar nantinya dapat dihindari dan dapat mengurangi resiko gigi berlubang terulang kembali.

Penyebab Gigi Geraham Berlubang


1. Cara menggosok gigi yang salah
Sering kita berpikiran bahwa menyikat gigi yang lama akan semakin membuat gigi bersih dari kotoran. Inilah hal yang salah, karena sejatinya menyikat gigi itu hanya dibutuhkan waktu paling lama 2 menit, bersihkan sela - sela gigi sampai tidak terlihat kotorannya lagi, lakukan di depan cermin untuk memudahkan sikat gigi. Setelah minum minuman bersoda ada baiknya berkumur langsung karena soda sangat tidak baik untuk gigi.

2. Frekuensi menyikat gigi yang jarang
Menyikat gigi jarang itu sangat berpengaruh pada kesehatan gigi. Mulai biasakan untuk menyikat gigi setelah makan maksimal 15 menit kemudian. Karena pada fase ini kuman belum menyebar masuk ke rongga - rongga terdalam dalam gigi. Kurangnya intensitas kita dalam sikat gigi akan membuat gigi rapuh dan sangat beresiko menjadi gigi berlubang.

3. Alat yang digunakan menyikat gigi
Kita terkadang membeli sikat itu seperlunya atau bahkan seadanya. Gigi geraham adalah gigi yang tergolong paling banyak berlubang. Hal ini dikarenakan gigi geraham terletak pada bagian paling dalam dan sangat sulit terjangkau. Belilah sikat gigi yang memiliki ujung kecil dan berbulu halus untuk memudahkan menjangkau gigi geraham.

4. Makanan terlalu manis
Kita sudah sering mendengar bahwa makanan manis merupakan penyebab keroposnya gigi. Kandungan gula pada makanan atau minuman yang bersifat manis inilah penyebabnya. Gula kaya akan nutrisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan bakteri dan tubuh kita. Jika kita jauh dari rumah segera berkumur setelah makan atau minum yang manis - manis untuk menghindari gigi berlubang.

Cara Merawat atau Mengobati Gigi Geraham Berlubang

belajarsehat.com
source:tribunnews.com

1. Membersihkan Mulut / Gigi
Penyebab utama gigi geraham berlubang adalah bakteri. Usahakan sikat gigi secara rutin untuk menghindarinya.

2. Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C pada jeruk nipis inilah yang sangat baik untuk meredakan sakit selama kita mengalami sakit gigi. Caranya teteskan sedikit demi sedikit perasan jeruk nipis pada gigi geraham yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis.

3. Garam
Orang jaman dahulu sering menggunakan garam untuk meredakan sakit gigi berlubang. Caranya dengan melarutkan garam pada segelas air minum. Jangan sekali sekali langsung mengunyah garam karena sangat fatal jika persebarannya tidak merata. Setelah berkumur lalu lanjutkan berkumur dengan air bersih.

4. Bawang putih
Kandungan antibiotik pada bawang sangat baik untuk menghilangkan bakteri. Tumbuk satu siung bawang dan campurkan dengan sedikit garam. Setelah itu oleskan pada gigi geraham yang berlubang.

5. Bawang merah
Kalau bawang putih mengandung antibiotik beda lagi dengan bawang merah yang mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba. Caranya Ambil satu siung bawang merah mentah lalu kunyah menggunakan gigi yang sakit. Kalau tidak bisa mengunyah silahkan gosok gigi geraham yang berlubang dengan bawang merah yang sudah dibelah.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Cara Mengubah Pola Hidup


Pola hidup yang kurang dalam menjaga kebersihan gigi, gusi serta mulut yang wajib dirubah. Cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi merubah berbagai kemalasan atau pola kurang sehat yang dapat mengganggu kesehatan gigi. Dengan perubahan pola hidup ini kita dapat terhindar dari  obat - obatan untuk gigi geraham berlubang yang bersifat kimia. Obat - obatan kimia sangat tidak baik buat kesehatan tubuh kita. Selain Sikat gigi pada pagi maupun malam hari gunakan cairan pembersih karang gigi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

Cara Untuk Merawat Gigi Anak agar Selalu Sehat


belajarsehat.com
source: mulaisehat.com
  • Beri makanan sehat seimbang yang sesuai dengan usia anak. Pada usia 9 bulan makanan untuk anak harus mulai agak kasar dan usia 1 tahun anak harus sudah bisa mengonsumsi makanan dewasa dalam versi agak lembut. Dengan cara ini kita telah berhasil melatih rahang anak untuk lebih kuat.
  • Jaga kebersihan rongga mulut anak. Dengan membersihkan rongga mulut anak setelah selesai makan atau menyusu. Setelah gigi muncul, silahkan menggunakan sikat gigi khusus bayi dan kontrol ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan.
  • Usahakan untuk menghindari penggunaan dot. Gunakan gelas plastik untuk anak jika ingin meminumkan susu atau minuman pada bayi.
  • Ajari anak untuk menghindari makanan manis yang berupa permen maupun cokelat. Sakit gigi pada bayi sangat beresiko mengganggu imunitas bayi.

Bahan alami berikut telah terbukti dapat mengobati sakit gigi yang diderita oleh si buah hati :

1. Minyak Cengkeh.
Teteskan minyak cengkeh pada kapas lalu oleskan pada gigi bayi yang sakit. Penggunaan garam untuk berkumur sangat tidak disarankan karena bayi belum bisa berkumur bahkan bisa bisa tertelan.

2. Madu
Selain lebih disukai oleh anak - anak karena rasa manisnya, madu merupakan obat mujarab yang cukup mudah untuk mengobati sakit gigi anak.
Cukup oleskan madu pada bagian gigi pada anak yang berlubang, usahakan madu tidak langsung di jilat atau tertelan karena hal ini dapat menghilangkan khasiat kandungan yang ada didalam madu.

3. Garam
Obat Sakit Gigi untuk Anak usia umur 7 tahun
pada anak usia diatas 3 tahun. Garam dapat digunakan sebagai obat kumur alami, caranya dengan mencampurkan 2 sdm garam dengan segelas air putih hangat. Namun karena rasa asin garam tidak disukai oleh anak-anak sebaiknya ketika setelah berkumur kumur anak diberi satu sendok madu agar anak anda tidak rewel.

0 Comment

Post a Comment