Thursday, October 6, 2016

Kenali Tanda - Tanda serta Cara Mengobati dan Mencegah Virus Zika

belajarsehat.com | Virus Zika merupakan virus yang terdapat pada gigitan nyamuk aedes aegypti yang dapat berakibat fatal pada janin. Virus ini dapat menyebabkan bayi lahir menjadi cacat bawaan lahir atau bahkan kelainan ukuran kepala pada bayi.

belajarsehat.com
source:consciouslifenews.com
Virus Zika ini telah tersebar ke berbagai negara yang sedang berkembang. Karena terlalu berbahayanya virus ini bahkan ada negara yang menyatakan larangan untuk hamil sampai 2018. Dimana kemungkinan terbesar pada 2018 telah ditemukan obat untuk Virus ini. Walaupun sekarang belum terdapat obat untuk mengobatinya tetapi ada berbagai tips untuk mencegah dan meringankan sakit yang disebabkan oleh virus zika ini.
Sama seperti penyakit demam berdarah, Virus zika ini disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. Banyak tips dan cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko penyakit ini. Virus ini sangat berbahaya untuk ibu yang sedang hamil muda. Karena hal ini maka ketahui gejala awalnya agar dapat diberikan penanganan secepatnya jika terjangkiti virus ini.

Virus Zika dan Bahayanya pada Wanita Hamil


Infeksi yang disebabkan oleh Virus Zika pada saat ini mendapatkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan Virus Zika ini dapat menyebabkan peningkatan kasus kelainan bawaan lahir yang berupa mikrosefali jika sang ibu terjangkiti virus.
Mikrosefali adalah kelainan bawaan lahir yang menyebabkan ukuran dari kepala bayi lebih kecil dari yang seharusnya. Kelainan ini disebabkan perkembangan otak yang kurang maksimal sejak dalam kandungan. Hal lain yang penyebab Mikrosefali biasanya terjadi karena down syndrome, obat -  obatan keras, alkohol bahkan campak selama ibu sedang hamil.

Gejala Tanda - Tanda Ibu Terinfeksi Virus Zika

belajarsehat.com
source:newsweek.com

Gejala Virus Zika sangat jarang yang tampak tetapi ada sedikit gejala yang tampak sebenarnya walaupun tidak terlalu kelihatan. Gejala terkena Virus Zika diantaranya adalah terjadinya demam, kulit yang berbintik merah, mengalami sakit kepala, nyeri - nyeri pada persendian, nyeri pada otot dan peradangan konjungtiva.
Pada beberapa pasien bahkan terjadi gangguan pada saraf dan komplikasi autoimun. Gejala ini diderita selama 2 - 7 hari dan dengan tingkat rasa sakit yang sedang atau bisa jadi parah.

Cara Tips Mencegah Penularan Virus Zika


  1. Menghindari gigitan nyamuk. Virus Zika disebabkan oleh Nyamuk oleh sebab itu hindari bersentuhan dengan nyamuk. Usahakan untuk memasang kelambu pada tempat tidur. Gunakan lotion anti nyamuk saat bepergian. Ingat kesehatan si jabang bayi lebih berharga daripada uang sekalipun.
  2. Melakukan 3M untuk membuat persebaran nyamuk di sekitar rumah berkurang. Jika persebaran nyamuk berkurang makin sedikit pula resiko kita terjangkiti virus zika.
  3. Rutin melakukan pemeriksaan jentik - jentik nyamuk pada tempat penampungan air.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan olahraga teratur dan makan - makanan yang alami.

Cara Termudah Mengatasi dan Mengobati Virus Zika


  • Tidak ada vaksin atau obat untuk mengobati atau mengatasi virus zika, hanya dengan beristirahat , banyak minum air putih serta meminum parasetamol untuk menghilangkan rasa sakit dari demam. Penggunaan aspirin sangat berbahaya karena dapat menyebabkan pendarahan jadi wajib dihindari.
  • Jika terdapat bintik - bintik merah yang terasa gatal silahkan gunakan antihistamin yang dapat meredakan rasa gatal tersebut.
  • Virus Zika ini dapat menular antar manusia. Oleh karena itu hindari kontak langsung dengan penderita virus pada 1 minggu pertama setelah orang tersebut terinfeksi. karena pada 1 minggu awal virus tersebut sangat kuat dan terkadang antibodi tibuh tidak dapat mengontrol virus ini.

0 Comment

Post a Comment