Monday, September 26, 2016

Manfaat serta Bahaya Menghangatkan Sayur Bayam

Tumbuhan bayam atau genus spinacia berasal dari amerika tropic, yang saat ini sudah tersebar di seluruh dunia, salah satunya di indonesia. Di indonesia sendiri Tumbuhan ini di konsumsi daunya untuk di jadikan sayuran hijau sebagai teman lauk makanan. Dengan Kandungan zat besi pada bayam, banyak masyarakat indonesia yang menjadikan sayuran ini menu sehat pada pelengkap hidangan.

belajarsehat.com
Bahaya Menghangatkan Sayur Bayam

Untuk skala internasional, Citra bayam yang baik di perkenalkan oleh salah satu film kartun anak yakni Popeye, yang seketika menjadi kuat usai mengkonsumsi bayam dalam kemasan kaleng.

Manfaat serta Bahaya Menghangatkan Sayur Bayam

Berikut adalah beberapa kandungan baik sayuran bayam yang bisa anda ketahui, sehingga bisa menjadikanya menu santap sehat bagi kelurga anda
  • Manfaat bayam mampu meningkatkan kinerja ginjal
  • Melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh
  • Mampu menurunkan demam
  • Mampu mengatasi kekurangan darah
  • Bagi ibu hamil atau menyusui, dapat melancarkan produksi ASI dan memperkuat fungsi hati
  • Mampu mencegah kabur atau hilangnya penglihatan karena faktor usia ( jika dunia medis lebih di kenal dengan macular degeneration, katarak bahkan kanker )
  • Mencegah lahirnya anak cacat dan penyakit jantung, karena bayam memiliki sumber folate dan lutein yang begitu hebat.
  • Mampu melindungi otot-otot jantung dari glukosa yang mudah larut.
  • Memiliki kandungan vitamin B9 yang mampu melindungi lahirnya bayi dari kecacatan pada bagian syaraf
  • Memiliki kandungan zat besi yang mampu berperan penting dalam proses distribusi oksigen dalam darah
  • Mampu meningkatkan produksi haegmoglobin
  • Mengambil peranan penting untuk sistem imun manusia. Karena kekurangan zat besi, manusia berpotensi mudah terserang penyakit.

Dari berbagai segudang manfaat yang terdapat pada bayam, tentunya anda harus tahu bagaimana mengolah bayam yang benar. Jika salah mengolah, bisa jadi bukanya segudang manfaat yang anda dapatkan, melainkan segudang Racun yang masuk dalam tubuh anda.

Pernahkan anda mendengar, bahwa bayam tidak boleh di panaskan ulang alias di hangatkan dan tidak boleh di konsumsi jika telah melewati 12 jam sejak masak. Jika melewati batas waktu tersebut, maka harus di buang.

Pernyataan seperti di atas memang benar, karena bayam tinggi akan kandungan nitrat. Kandungan tersebut ditentukan tempat dan tanah di mana bayam tersebut tumbuh , semakin besar kandungan nitratnya maka semakin besar pula bahayanya.

Kandungan Nitrat merupakan zat kimia yang bisa berubah menjadi asam nitrat, hal ini bisa terjadi jika adanya perubahan suhu pada sayuran bayam. Biasanya terjadi jika bayam di panaskan ulang.
Zat nitrat ini sejenis dengan cairan korosid yang tidak berwarna. Senyawa ini merupakan asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar.

Selain itu, senyawa asam nitrat dapat berubah menjadi senyawa nitrosamine, yakni bahan yang menyerupai zat karsinogen yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Semua kandungan berbahaya ini dapat timbul jika adanya perubahan suhu pada bayam yakni di hangatkan/panaskan ulang dan melewati 12 jam sejak masak.

0 Comment

Post a Comment