Saturday, August 13, 2016

Ketahui Penyebab Dan Obat Alami Sakit Mata Merah

belajarsehat.com - Ketahui Penyebab Dan Obat Alami Sakit Mata Merah - Dijaman sekarang sakit mata sangat umum terjadi karena polusi di alam sekitar yang sudah di ambang batas normal. Di perkotaan bukan hal yang aneh jika penjualan obat tetes mata sangat laris. Padahal kalau kita mengetahui cara mengobati sakit mata yang alami sangat murah dan tidak beresiko. Sakit mata merupakan penyakit yang sering sekali di alami masyarakat indonesia, biasanya penyakit ini dapat dengan mudah menular. Orang terkena sakit mata pada umumnya ciri ciri matanya akan bengkak, memerah, belekan dan berair yang muncul setelah bangun tidur. Penyakit ini tergolong bukan penyakit yang berbahaya, namun jika dibiarkan tentunya sangat menggangu aktivitas.

Ketahui Penyebab Dan Obat Alami Sakit Mata Merah
sumber gambar : birdbody.blogspot.com

Penyebab mata merah dan sakit


Infeksi virus

Virus bisa menjadi penyebab mata merah dan terasa sakit. Biasanya gejala yang timbul adalah mata berair, terasa gatal, merah, terasa bengkak dan mengganjal pada bagian mata.

Infeksi bakteri

Selain virus, beberapa jenis bakteri juga dapat menyebabkan masalah pada mata. Jenis bakteri tersebut antara lain bakteri staphylococcus dan bakteri pneumoccocus . Gejala yang terjadi hampir mirip dengan gejala mata merah akibat virus. Mata juga akan terasa perih dan akan keluar kotoran atau belek yang berwarna kuning pekat layaknya nanah. Biasanya ketika bangun tidur pada pagi hari, mata akan susah dibuka karena lengket akibat banyak kotoran yang keluar. Mata terasa panas seperti ada benda asing yang masuk.

Akibat alergi

Alergi yang terjadi pada mata juga dapat membuat mata merah dan terasa sakit. Terkadang mata juga akan terasa bengkak seperti terisi cairan di dalamnya.

Luka pada mata

Penyebab mata gatal dan sakit juga bisa dikarenakan terdapat luka pada mata. Jika tidak diobati dengan benar, luka pada mata dapat menyebabkan infeksi.

Cara mengobati sakit mata yang merah dengan alami

1. Irisan mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk mengobati mata yang sakit dan merah. Gunakan irisan mentimun pada mata Anda. Caranya sediakan mentimun dengan ukuran yang agak besar. Kemudian iris tipis-tipis dan tempelkan pada mata selama beberapa saat. Sifat anti bakteri yang terdapat pada mentimun membuatnya sangat ampuh untuk mengatasi mata yang gatal dan kemerahan. Selain itu, mentimun juga dapat meringankan kantung mata dengan sensasi kesegarannya.

2. Irisan kentang

Selain mentimun, irisan kentang juga memiliki manfaat yang ampuh untuk menyembuhkan mata yang sakit dan merah. Ambil kentang yang masih segar dan cuci bersih. Kemudian iris tipis-tipis dan taruh pada atas mata. Kesegarannya akan membuat mata jadi lebih rileks dan terasa sejuk sehingga rasa gatal pada mata bisa hilang.

3. Air mawar

Cara mengobati sakit mata yang merah dengan alami juga bisa dilakukan dengan air mawar. Caranya juga begitu praktis karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Amil bunga mawar dan masukkan pada air, gunakan air mawar tersebut untuk membersihkan mata. Lakukan dengan rutin setidaknya 3 kali dalam sehari.

4. Susu murni

Susu murni juga bisa menjadi senjata ampuh atasi mata merah dan gatal. Caranya gunakan kapas dan beri beberapa tetes susu murni. Lalu taruh kapas yang telah diberi susu murni di atas mata selama beberapa saat. Lakukan dengan rutin agar mata yang teriritasi bisa segera reda.

5. Air sirih

Air rebusan sirih juga dikenal manfaatnya untuk mengatasi gangguan pada mata. Caranya, rebuslah daun sirih pada air yang bersih. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan mata yang teriritasi.

Setelah membaca artikel ini, masih mau dikibuli pembuat obat tetes mata yang mahal? Alami lebih baik dan murah terkadang pengobatan tradisional yang berbahan alami lebih ampuh dan sangat sesuai untuk kantong apalagi kantong pelajar maupun anak kos - kosan hehe. Kalau bermanfaat silahkan share dan berbagi dengan sesama.

sumber artikel : https://www.nitips.com/cara-mengobati-sakit-mata-dengan-cepat/